Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Bantul melakukan studi uji kelayakan (feasibility study) pengembangan kajian bongkar muat barang di kabupaten Bantul. Koordinasi yang berlangsung pada Selasa (25/6) di Ruang Rapat Kantor Dishub ini juga dihadiri oleh Kapolres Bantul, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan (DPMP) Kabupaten Bantul.

Studi kelayakan ini dilatarbelakangi oleh urgensi pengguna jalan dan keselamatan pengendara bermotor. Selanjutnya, acara dibuka dengan pemaparan dari pihak Dishub terkait kondisi jalan dan perencanaan penyedian fasilitas angkutan barang dan bongkar muat barang.

Sebagai pihak pengkaji, UMY yang diwakili oleh Eko Priyo Purnomo, M.Res., Ph.D, Kepala Lembaga Kerjasama, serta Muchlisin, S.T.,M.SC., selaku Dosen Teknik Sipil menerangkan bahwa perencanaan yang sudah dipaparkan masih memerlukan masukan lebih dari berbagai pihak terlibat demi membuat kajian yang lebih komprehensif.

Rekomendasi dan pendapat yang diberikan oleh berbagai pihak pun dikemas dalam bentuk diskusi dan sesi tanya jawab demi menentukan lokasi yang strategis dan memberikan manfaat besar pada masyarakat sekitar maupun pelaku usaha yang beroperasi melalui jalur tertentu dalam mendistribusikan barang menggunakan kendaraan muatan besarmaupun kecil. (mmi, imz)